03 September 2014

Pengalamanku Mengajar di Pelatihan Terapi Yoga 30 Jam



Pada suatu hari, aku menerima pesan dari seorang Guru Terapi Yoga, Willy, yang menanyakan apakah aku mau menjadi pengajar di Pelatihan Terapi Yoga 30 Jam yang diadakan di studio yoganya di Align Yoga Studio di Alam Sutera. Pada saat itu, aku tidak yakin apakah aku mampu mengajar karena pengalamanku mengajar di dunia peryogaan ini masih baru sekali. Namun akhirnya aku menerima tawarannya. Aku senang menerima tawaran dan tantangan yang baik untuk berbagi tentang kecintaanku pada dunia peryogaan ini.

Mata pelajaran yang aku ajarkan di pelatihan ini adalah Yoga untuk Kesehatan Wanita dan Siklus Menstruasi – yang berhubungan dengan Perubahan Hormon dan Penyakit.





Selama beberapa minggu, aku mempersiapkan materi untuk mata pelajaran ini. Sambil mempersiapkan bahan-bahan pelajarannya, aku masih bertanya-tanya apakah aku mampu mengemban tugas ini dengan baik. Dengan tekad yang luar biasa, aku pun akhirnya tetap bersemangat mempersiapkan semuanya dengan baik.
Setelah beberapa kali berdiskusi dengan Willy, akhirnya diputuskan bahwa kelasku akan diadakan pada jam 9 pagi di hari Jumat tanggal 29 Agustus 2014.  
Satu hari sebelum pelatihan diadakan, aku masih terus membaca bahan mata pelajarannya berulang-ulang dan memperbaiki bila ada yang kurang berkenan di hati. Dan hati ini rasanya deg-degan. Sudah demam panggung nih :-))
Pada jam 7 pagi tanggal 29 Agustus 2014, aku berangkat ke Alam Sutera dengan perasaan pasrah. Apa yang akan terjadi, ya sudahlah, biarkan itu terjadi.
Pada jam 8 pagi, aku sampai untuk pertama kalinya di Align Yoga Studio. Willy ternyata sedang mengajar yoga di lantai 2. Aku hanya bisa memandangnya dari balik kaca yang menjadi dinding dari ruang kelasnya.
Pada jam 9 pagi, akhirnya aku bertemu langsung dengan Willy untuk pertama kali. Willy ternyata seorang guru yoga yang ramah, senang membantu, serius tapi suka bercanda juga. Gelak tawanya akan mengundang kita untuk ikut tertawa juga :-))
Setelah selesai mempersiapkan kelas dan berbagai hal lain, maka kelasku pun dimulai. Anehnya, rasa deg-degannya di hatiku yang sudah muncul sejak beberapa hari sebelumnya, kok tiba-tiba hilang. Dan tanpa terasa, aku mulai berbicara di depan para peserta yang sebagian besar adalah guru yoga dan juga pemilik studio yoga di Jakarta dan di luar Jakarta dengan lancarnya. Akhirnya sekali lagi, aku menemukan kenikmatan berbagi ilmu kepada orang lain. Ada perasaan bahagia ketika aku dapat mencerahkan jiwa dan raga orang lain. Akhirnya, dari jatah mengajar cuma 3 jam, aku harus minta tambahan 1 jam lagi untuk meneruskan mata pelajaran yang aku berikan. Disinilah aku menemukan sisi lain tentang diriku bahwa kalau aku sudah membicarakan hal yang aku sangat cintai, maka aku mungkin memerlukan waktu yang tak terbatas untuk membicarakannya :-))  




Diantara waktu pelatihan pada hari itu, kami semua mengadakan perayaan ulang tahun kecil-kecilan untuk Willy yang berulang tahun satu hari sebelumnya. Selamat Ulang Tahun, Willy!

Pada saat aku meninggalkan studio ini untuk menuju ke tempat lain dimana aku harus mengajar yoga untuk klien yoga pribadiku, aku diantar oleh Rosa, salah seorang sahabatku yang juga sering berlatih yoga bersamaku di sebuah pusat kebugaran di Jakarta. Di tengah perjalanan, kami banyak bercerita tentang banyak hal yang turut mencerahkan jiwaku.

Aku menutup hari itu dengan sebuah pelajaran bahwa pengetahuan yang aku miliki haruslah dibagi kepada orang lain. Pengetahuan yang baik tidak boleh disimpan sendiri. Karena aku telah mendapatkan pengetahuan yang baik, maka aku harus membagikannya kepada yang lain. Semoga semangat berbagi pengetahuan ini tetap ada di dalam diriku selama-lamanya.

Terima kasih, Willy, atas kesempatan dan tantangan yang diberikan kepadaku. Ini adalah pengalaman yang berharga bagi diriku dan karirku di dunia peryogaan ini. Suatu kehormatan bagiku untuk membagikan ilmu yang tidak seberapa ini kepada para guru yoga dan pemilik studio yoga di pelatihan terapi yoga ini.

Semoga semua makhluk hidup di dunia ini berbahagia. Semoga Tuhan dan alam semesta turut berbahagia bersama kita semua.

Namaste.




Catatan:
Pelatihan Terapi Yoga 30 Jam ini diadakan di:
Align Yoga Studio 2
Yoga Learning and Therapy Center
Ruko Prominence 28 E No. 2
Alam Sutera – Tangerang
www.alignyogastudio.com
Email: alignyogacenter@live.com

No comments:

Post a Comment