26 June 2022

Makan Daun Teh

Selain memakan Biji Kopi, aku pun memakan Daun Teh. Kebiasaan memakan Daun Teh baru aku mulai setahun yang lalu, dan ternyata sangat mudah dan sehat.




Tulisanku tentang Makan Biji Kopi dapat dibaca di:

Selain Ngopi, aku memang suka Ngeteh juga. Belakangan ini, Ngeteh juga menjadi suatu kebutuhan karena Teh dapat menyegarkan dan menyemangati tubuhku. Bila Ngopi adalah “Selamat Pagi” bagi pikiranku, maka Ngeteh adalah “Selamat Sore Menjelang Malam” bagi tubuhku :-)

Lalu ada apa dengan Daun Teh? Dulu, setelah selesai Ngeteh, biasanya aku membuang Daun Teh yang tersisa. Namun setahun yang lalu, ada panggilan yang kuat dipikiranku untuk memakan Daun Teh. Aku sempat berpikir: Mengapa Daun Teh harus dibuang? Apakah Daun Teh dapat dimakan? Setelah melakukan penelitian di Google, aku pun mendapatkan kepastian bahwa Daun Teh dapat dimakan. Hore!

Daun Teh juga dianggap sebagai sumber kesehatan yang maksimal karena:
- Kandungan Kafein pada Daun Teh dapat menyegarkan tubuh kita, membangunkan mata kita dan mengaktifkan kegiatan di otak kita. Jumlah Kafein yang kita dapatkan dari Teh yang kita minum lebih kecil dibandingkan dengan jumlah Kafein yang ada di dalam Kopi yang kita minum. Jumlah Kafein pada Teh yang lebih banyak justru terdapat di Daun Tehnya sendiri bila Daun Tehnya dikonsumsi juga.
- Daun Teh juga mengandung Serat yang tinggi. Daun Teh dapat dimakan dengan logika bahwa: Kalau kita dapat meminum Teh, tentunya daunnya dapat kita konsumsi juga, dan tubuh kita sangat memerlukan Serat yang juga terdapat di Daun Teh.

Pikiranku berkata bahwa aku harus memperlakukan Daun Teh seperti aku memperlakukan daun dan sayuran lainnya. Daun dan sayuran adalah sumber utama yang harus aku konsumsi, agar semua sisa makanan dan sampah yang berada di tubuhku dapat dibersihkan dan dibuang dari tubuhku. Pola pikir tentang Serat juga telah dimiliki para pengikut ajaran Vegan dan Vegetarian yang mengkhususkan diri mereka untuk hanya mengkonsumsi Sayuran, Buah-buahan dan bahan makanan alami lainnya yang bukan berasal dari daging.

Catatan 1: Beberapa orang yang aku kenal yang mengalami kesulitan untuk melakukan Buang Air Besar mengalami gangguan yang parah pada tubuh mereka (ginjal, lambung, jantung dan lainnya). Kita memang harus menghindari terjadinya kesulitan untuk melakukan Buang Air Besar dengan lebih mengutamakan dan lebih banyak mengkonsumsi Serat agar sirkulasi di tubuh kita dapat berjalan dengan normal dan kita selalu dapat sehat setiap saat.

Catatan 2: Aku bukan 100% penganut kepercayaan Vegan dan Vegetarian. Aku hanya berharap bahwa kegiatan sehari-hariku ini dapat menjadi saran yang berguna bagi para penganut kepercayaan Vegan dan Vegetarian bahwa Pola Diet Vegan dan Vegertarian dapat juga dilakukan dengan mudah dan sederhana, yaitu dengan mengkonsumi berbagai bahan makanan alami yang ada setiap hari di sekeliling kita dan bahkan didapatkan dari berbagai bahan yang dulunya dianggap sampah dan dibuang namun ternyata memiliki Serat yang kita butuhkan.

Daun Teh dapat kita makan dengan mengkonsumsinya langsung ketika kita Ngeteh. Daun Teh juga dapat dikonsumsi dengan cara yang aku lakukan setiap hari. Caranya pun sangat sederhana dan mudah, yaitu mencampur Daun Teh yang tersisa dengan Beras, kemudian memasak Beras yang sudah dicampur dengan Daun Teh untuk menjadi Nasi. Aku dapat merasakan Nasinya dan Daun Tehnya :-)

Jadi, inilah caraku yang mudah dan sederhana untuk memakan Daun Teh:
- Merebus air
- Meletakkan 1 sampai 2 sendok makan Daun Teh ke Mug
- Menuangkan air mendidih ke Mug yang sudah berisi Daun Teh
- Menutup Mug yang telah berisi Daun Teh dan air panas selama 10 menit
- Setelah 10 menit, tutup Mugnya dibuka dan minuman Tehnya diaduk
- Ngeteh sampai habis
- Daun Teh yang tersisa dimasukkan ke Beras untuk dimasak menjadi Nasi
- Setelah selesai memasak Beras menjadi Nasi, Nasi yang sudah dicampur dengan Daun Teh dimakan seperti Nasi pada umumnya

Catatan 1: Untuk membuat segelas Teh, aku menggunakan air mendidih agar jamur yang mungkin ada di dalam Daun Teh dapat dimatikan sehingga Tehnya dapat diminum.

Catatan 2: Beberapa produk Teh mengikutsertakan batang bersama Daun Teh di dalam paketnya. Mohon batangnya dipisah dan dibuang saja, karena hanya Serat pada Daun Teh yang berguna dan dapat dikonsumsi dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Batangnya biasanya mengambang diatas Tehnya, sehingga bisa langsung dipisah dan dibuang.

Aku percaya bahwa Daun Teh yang aku makan sangat berguna bagi tubuhku. Daun Teh terbukti mengandung serat terbaik yang dapat membantu untuk membersihkan tubuhku. Aku meminum Teh untuk menyegarkan tubuhku, dan aku memakan Daun Teh untuk membersihkan tubuhku.

Semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi bagi para pencari hidup sehat dan para penganut ajaran Vegan dan Vegetarian untuk tidak hanya membuat Teh untuk diminum, namun juga dapat menggunakan Daun Teh sebagai makanan dan pelengkap yang sehat untuk tubuh.

Salam sehat dan bahagia.



#teh #tea #snack #eat #food #drink #minuman #breakfast #ngeteh #serat #fiber #sehat #health #healthy #kesehatan #makan #makanan #daun #leaf #vegan #vegetarian #vegetable #mata #eyes #otak #brain #inspirasi #inspiration #bahagia #happy 

No comments:

Post a Comment