24 June 2022

Pendapat Saya Mengenai Tren Handstand Ala Yoga Yang Viral Di Tiktok – Keren Atau Bahaya?

Saya merasa berbahagia karena salah satu Perusahaan Media Digital di Indonesia bernama Detik.com masih memberikan kesempatan kepada saya sebagai Instruktur Yoga untuk memberikan dan membagi informasi tentang Yoga, sebuah Ilmu Kesehatan yang saya pelajari sejak tahun 2007.

Anda dapat membaca artikel selengkapnya di detikHealth:

Salah satu wartawan di Detik.com – Vidya Pinandhita – mengontak saya untuk menanyakan pendapat saya tentang Tren Gerakan Handstand Ala Yoga di Tiktok yang sedang beredar saat ini. Vidya menunjukkan sebuah video yang diunggah oleh warga Tiktok yang berisi tentang seseorang yang sedang berdiri menghadap dinding, lalu mengangkat dan meletakkan salah satu kakinya untuk bersandar di dinding. Kemudian orang tersebut memutar tubuhnya 90 derajat dengan masih menempelkan salah satu kakinya di dinding dan meletakkan tangannya di lantai. Selanjutnya, orang tersebut mengangkat kaki yang tadinya berada di lantai ke atas, sehingga tubuhnya bertumpu pada dua tangannya yang terletak di lantai. Pose terakhir ini – pada Dunia Yoga – disebut “Handstand”.

Informasi dan reaksi yang saya berikan kepada Vidya dan Detik.com adalah:

- Walaupun gerakan yang dilakukan di video tersebut dianggap sebagai gerakan Yoga, terutama karena tagar #Yoga disertakan pada informasi yang menjelaskan tentang video tersebut, namun tidak semua gerakan di video tersebut adalah gerakan Yoga. Gerakan yang dilakukan pertama kali bukanlah gerakan Yoga, sedangkan gerakan yang dilakukan selanjutnya adalah gerakan yang dikenal oleh Dunia Yoga sebagai Handstand.
- Gerakan yang dilakukan di awal video tersebut, yaitu gerakan berputar adalah gerakan yang berbahaya dan beresiko karena akan menimbulkan cedera.
- Ketika orang tersebut memutar tubuhnya dengan meletakkan satu kaki ke dinding, maka ia akan kehilangan keseimbangan yang akan berakibat pada kecelakaan (jatuh, cedera, lutut yang patah dan lainnya).
- Saya tidak mengecam video tersebut, namun saya tidak akan pernah mau untuk mengajarkan gerakan yang berbahaya tersebut. Buat apa mengajarkan sesuatu yang dapat merugikan orang lain?
- Saya malah lebih mendukung gerakan kedua yang dilakukan di video tersebut, yaitu gerakan Yoga yang benar yang bernama Handstand.
- Walaupun publik berpendapat bahwa video tersebut adalah video terkeren, tetapi saya berpendapat bahwa, dari segi kesehatan, ada gerakan yang berbahaya yang dapat mengganggu, merusak, melukai, dan mematahkan lutut. Hal ini tentunya mengurangi nilai kekerenan dari video tersebut :-)
- Saran terbaik dari saya: Berlatih Yogalah dulu sebelum membuat dan mengunggah video tentang Yoga, dan berilah informasi kepada para penontonnya bahwa gerakan yang dilakukan di video adalah gerakan yang beresiko tinggi dan memerlukan latihan yang rutin. Mari memikirkan akibatnya bila para penonton video mencoba untuk melakukan gerakannya. Kalau mereka tidak mahir untuk melakukannya, mereka bisa terkena cedera. Maukah pembuat videonya bertanggung jawab?
- Untuk posisi Handstand, saya sangat mendukungnya karena posisi ini memberikan manfaat yang banyak.
- Pada posisi Handstand, ketika kedua tangan menopang tubuh, beban pada kaki akan berkurang.
- Posisi Handstand juga bisa memperlancar peredaran darah dan memberi efek yang baik dan sehat kepada kepala, leher dan pikiran.
- Posisi Handstand mendidik kita untuk melatih tangan kita dan menguatkan tangan kita.
- Posisi Handstand mendidik kita untuk tidak selalu tergantung pada kaki yang bekerja seumur hidup untuk berdiri, duduk, bergerak dan lainnya. Sekali-sekali, pergunakanlah tangan untuk menopang tubuh kita :-)
- Posisi Handstand juga akan memperlandar peredaran darah di kepala dan otak. Jadi, posisi ini sangat bagus untuk memberikan kesehatan kepada leher, kepala, dan pikiran.

Semoga semua informasi yang saya berikan dapat berguna bagi kesehatan kita semuanya.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Detik.com dan Vidya Pinandhita. Terima kasih untuk kepercayaan dan apresiasi yang diberikan kepada saya dan Ilmu Yoga yang saya miliki. Tetap sehat dan bahagia. 

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Tuhanku Yesus Kristus. Terima kasih, Tuhanku Yesus Kristus, untuk semua berkat, bimbingan, dan perlindungan yang Engkau berikan kepadaku. Dalam Nama Yesus.

#yoga #knee #lutut #handstand #pose #kepala #head #otak #brain #media #digital #detik #detikhealth #tiktok #tangan #hand #feet #kaki #video 

No comments:

Post a Comment