12 May 2021

DOA KARMA - KATOLIK



Semua agama mengajarkan tentang Karma secara langsung maupun tidak langsung. Pengertian tentang Karma adalah: 

- Semua perbuatan yang telah dilakukan oleh kita di dalam kehidupan kita akan menentukan nasib kita selanjutnya di kehidupan kita saat ini dan di masa yang akan datang.

- Semua perbuatan kita akan dikembalikan dengan wajar, pantas dan sesuai dengan kenyataan: Semua perbuatan baik kita akan kembali kepada kita dengan baik juga, dan semua perbuatan buruk kita akan kembali kepada kita dengan buruk juga.

- Kita akan menuai semua hal yang telah kita tabur.

- Surga dan neraka yang sesuai dengan perbuatan kita diberikan kepada kita saat kita masih hidup di dunia ini.


Aku sebagai seorang Katolik senang membaca Alkitab dan aku mengetahui bahwa Alkitab tidak pernah menyebut Karma di dalamnya. Sebenarnya, Alkitab juga mengajarkan tentang Karma, namun cara mengajarkannya halus, lembut dan tidak kelihatan.


Beberapa ayat di Alkitab yang membicarakan tentang Karma adalah:

- Yakobus 3:18: Pembawa damai yang menabur dengan damai menuai panen kebenaran.

- Ayub 4:8: Seperti yang telah saya amati, mereka yang membajak kejahatan dan mereka yang menabur kesusahan akan menuai.

- Matius 7:12: Jadi dalam segala hal, lakukan kepada orang lain apa yang Anda ingin mereka lakukan kepada Anda.

- Matius 25:46: "Kemudian mereka akan pergi ke hukuman kekal, tetapi orang benar ke kehidupan kekal."

- Matius 26:52: “Letakkan kembali pedangmu pada tempatnya,” kata Tuhan Yesus Kristus kepadanya, “karena semua orang yang menghunus pedang akan mati oleh pedang.”

- Amsal 11:27: Siapapun yang mencari kebaikan menemukan kebaikan, tetapi kejahatan datang kepada orang yang mencarinya.

- Amsal 26:27: Siapapun yang menggali lobang akan jatuh ke dalamnya; jika seseorang menggulingkan batu, batu itu akan menggelinding kembali ke atasnya.

- Mazmur 7:16: Masalah yang mereka timbulkan membuat mereka mundur; kekerasan mereka turun di atas kepala mereka sendiri.

- Galatia 6:7: Jangan tertipu: Tuhan Yesus Kristus tidak dapat diolok-olok. Seorang pria menuai apa yang dia tabur.

- Galatia 6:9-10: Janganlah kita menjadi lelah dalam berbuat baik, karena pada waktu yang tepat kita akan menuai hasil jika kita tidak menyerah. Oleh karena itu, saat kita memiliki kesempatan, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, terutama mereka yang termasuk keluarga beriman.


Jadi, sudah jelas bahwa Hukum Karma sebenarnya sudah ada dan sedang berlangsung selama kita hidup. Pengertian yang mendalam tentang Hukum Karma ini membuat aku berpikir tentang caraku berpikir, bermaksud dan berdoa. Aku kadang-kadang dapat merasakan bahwa:

- Orang yang berbicara ramah biasanya malah menyimpan kebencian di dalam hati mereka

- Orang yang kelihatannya bercanda biasanya malah punya maksud yang lain


Namun aku tidak mau menuduh dan tidak mau menghakimi, karena pihak yang paling tahu adalah Tuhanku Yesus Kristus. Seringkali juga aku ingin membalas semua perbuatan yang telah dilakukan oleh orang yang telah berbuat tidak baik kepadaku, tetapi setelah aku percaya kepada Tuhanku Yesus Kristus dan merasakan Cinta Kasih dan Pertolongan-Nya, aku memutuskan untuk menjaga jarak, menjauh, meninggalkan orang tersebut dan berdoa memohon bantuan dan perlindungan hanya kepada Tuhanku Yesus Kristus.


Berbagai hal diatas memberikan motivasi bagiku untuk membuat Doa Karma bagi diriku sendiri karena:

- Aku percaya kepada Tuhanku Yesus Kristus dan aku percaya bahwa Dia lah Sang Maha Tahu

- Hanya Tuhanku Yesus Kristus lah yang tahu apa yang telah diniatkan, direncanakan dan diperbuat

- Hanya Tuhanku Yesus Kristus lah yang tahu siapa yang pantas menerima dan apa yang pantas diterima

- Aku tidak mau menuduh

- Aku tidak mau menghakimi

- Aku hanya ingin memberikan doa yang tepat

- Aku ingin berbuat adil dengan memberikan doa yang pantas


Catatan Penting:

- Katolik tidak pernah mengajarkan Doa Karma

- Doa Karma ini aku buat sendiri untuk kepentinganku

- Aku membawa Nama Tuhanku Yesus Kristus karena memang aku hanya percaya kepada-Nya

- Aku menyertakan Doa Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan dan Terpujilah karena 4 doa ini adalah doa harianku yang aku panjatkan kepada Tuhanku Yesus Kristus

- Aku mengganti kata kami menjadi aku didalam Doa Bapa Kami, Salam Maria dan Terpujilah karena aku memang selalu ingin berkomunikasi dengan Tuhanku Yesus Kristus secara pribadi

- Semua orang dapat membaca doa ini, namun yang lebih diperlukan dan penting adalah iman kepada Tuhan Yesus Kristus, percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan 100% Katolik.


Marilah berdoa.


TANDA SALIB

Dalam Nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.

Amin.


BAPAKU

Bapaku yang ada di Surga, dimuliakanlah Nama-Mu.

Datanglah Kerajaan-Mu.

Jadilah Kehendak-Mu diatas bumi seperti didalam Surga.

Berilah aku rejeki pada hari ini, dan ampunilah kesalahanku seperti aku pun mengampuni yang bersalah kepadaku.

Dan janganlah masukkan aku ke dalam pencobaan, tetapi tolong bebaskanlah aku dari yang jahat, dan berilah aku damai.

Amin.


SALAM MARIA

Salam Maria, Penuh Rahmat, Tuhan Serta-Mu.

Terpujilah Engkau diantara wanita dan terpujilah Buah Tubuhmu Tuhanku Yesus Kristus.

Santa Maria, Bunda Allah, doakanlah aku yang berdosa ini, sekarang dan pada waktu aku mati.

Amin.


KEMULIAAN

Kemuliaan kepada Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus, seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad.

Amin.


TERPUJILAH

Terpujilah Tuhanku Yesus Kristus, Bunda Maria, Santo Yosep, dan Para Roh Kudus, sekarang dan selama-lamanya.

Amin.


DOA KARMA

Tuhanku Yesus Kristus, terima kasih banyak untuk semua Berkat, Perlindungan, Pelajaran dan Bimbingan yang Engkau berikan kepadaku.

Tuhanku Yesus Kristus, aku percaya bahwa hanya Engkaulah yang menciptakan dunia, alam semesta dan seluruh isinya dengan baik dan benar, dan hanya Engkaulah yang tahu tentang semuanya.

Tuhanku Yesus Kristus, Engkaulah Sang Maha Pencipta, Sang Maha Kuasa dan Sang Maha Pengasih.

Tuhanku Yesus Kristus, karena semua Kebaikan dan Kebenaran yang Engkau Ciptakan sudah Engkau berikan kepada umat-Mu, maka aku juga percaya bahwa Engkau telah menerapkan sebuah Hukum Karma yang adil. Hukum Karma tersebut adalah: Semua hal baik yang dilakukan oleh umat-Mu akan kembali kepada umat-Mu dengan baik, dan semua hal buruk yang dilakukan oleh umat-Mu akan kembali kepada umat-Mu dengan buruk.

Tuhanku Yesus Kristus, sebagaimana Karma yang tepat sudah datang kepadaku dan akan terus datang kepadaku, maka aku memanjatkan doa dan permohonan agar Karma yang tepat juga datang kepada .... (Sebutkan namanya).

Tuhanku Yesus Kristus, karena aku percaya bahwa hanya Engkaulah yang tahu tentang semuanya dan segalanya, maka aku juga percaya bahwa hanya Engkaulah yang dapat memberkati orang tersebut dengan Karma yang tepat.

Terima kasih banyak, Tuhanku Yesus Kristus, atas Bimbingan-Mu kepadaku dalam doa ini, sehingga aku tidak menuduh dan tidak menghakimi orang lain.

Tuhanku Yesus Kristus, Engkau adalah Juru Selamatku dan aku adalah Milik-Mu.

Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus.

Amin.


TANDA SALIB

Dalam Nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus.

Amin.


#Catholic #Katolik #Jesus #Christ #JesusChrist #Yesus #Kristus #YesusKristus 


No comments:

Post a Comment