26 September 2015

6 Gerakan Yoga Sederhana di Kantor (6 Easy Yoga at the Office) - Mommies Daily

Senang sekali rasanya menjadi narasumber untuk Mommies Daily tentang 6 Gerakan Yoga Sederhana di Kantor. 

Tautan asli dari artikelnya adalah: http://mommiesdaily.com/2015/05/13/6-gerakan-sederhana-yoga-di-kantor/ 

Agar mudah dibaca, maka saya mencantumkan isi artikelnya di bawah ini.

Selamat menikmati!

-------------------------

My 6 Simple Yoga Poses at that is made with Mommies Daily. The article is in Indonesian Language.

The original link to the article is mentioned at the beginning of this post.

You can enjoy the article here as I attached below.

Enjoy!

-------------------------


Kesibukan di kantor seringkali berujung pada terganggunya kesehatan tubuh. Gangguan sederhana yang kerap menyinggahi ibu bekerja di antaranya adalah pegal-pegal di sekitar leher, tangan, pundak dan menjalar ke punggung.  Anda bisa mengatasinya dengan melakukan gerakan yoga di kantor.
Apakah Anda salah satu yang pernah merasakan beberapa gangguan di atas?

Karena saya sering mengalami keluhan semacam ini. Lalu, bagaimana cara mengurangi keluhan ini? Saya sempat bertanya kepada Astrid Amalia – seorang instruktur Yoga, ternyata menurutnya untuk mengurangi rasa pegal tesebut saya bisa  melakukan 6 gerakan Yoga Stretching. “Dan, gerakan-gerakan yoga ini bisa dilakukan di mana saja, bahkan di kantor. Asalkan terdapat  bangku dan sandaran yang memadai,” jelas Astrid.

Kiat melakukan Yoga Stretching dari Astrid:

  1. Perhatikan kursi atau sandarannya, jangan yang bisa bergerak tanpa kita komando. Harus stabil, tidak beroda. Kalau bisa agak berat sedikit.
  2. Kalau duduk posisikan bokong ada di ujung bangku, karena perlu keleluasaan bergerak ke segala arah.
  3. Usahakan mengenakan baju yang nyaman untuk bergerak ke segala arah.
  4. Tidak memakai sepatu atau alas kaki lainnya. Kaki itu banyak syarafnya. Kondisi kaki yang sehat adalah yang dipakai tanpa menggunakan alas kaki.


Berikut beberapa gerakan Yoga Stretching yang dapat Anda praktikkan:

1. Leher

Tarik dagu ke arah kiri, tangan rileks letakkan di atas paha. Hitung mundur dari 5 secara perlahan. Lalu tarik napas kembali dan hembuskan secara perlahan ke tengah sembari menarik dagu ke arah kanan dengan cara yang sama.

Pelan-pelan setelah leher terasa rileks, tarik napas kembali dan buang napas (dalam hitungan mundur dari 5). Lalu tarik napas kembali dan kondisikan dagu ke arah dada dan hembuskan dengan hitungan yang sama. Tarik napas pelan-pelan kembali ke tengah.

Sambil tarik napas, tangan kanan mengambil kuping sebelah kiri, buang napas dan rasakan ada tarikan di leher, sehingga leher yang pegal bisa terasa lebih nyaman. Tarik napas dan buang kembali, tangan kiri ambil kuping kanan, tarik perlahan dan buang napas.






2. Bahu

Tarik napas dan angkat tangannya lihat ke atas, buang napas turunkan tangan dengan perlahan (boleh lihat ke bawah atau ke depan). Tarik napas dan angkat tangannya lagi, buang napas turun tangannya. Lakukan sebanyak tiga kali untuk gerakan ini.

Terakhir tarik napas sambil angkat tangan yang panjang, buang napas pelan-pelan lihat ke depan, turunkan tangannya – kalau sudah di situ tarik napas, agar bahunya lebih terangkat lagi, rekatkan jari tangan, buka telapak tangannya ke atas, jempol jadi satu dan dorong pergelangan tangan ke atas, lihat ke depan, lalu tarik lagi ke atas, tarik dari ketiak. Tarik napas, buang napas turunkan tangannya pelan-pelan ke bawah.






3. Perut

Setelah bahu terasa terbuka sekarang kita masuk ke bagian perut dan tulang punggung agar lebih rileks, karena biasanya bagi yang bekerja di belakang meja, bagian ini akan terasa kaku.

Caranya pegang lutut, tarik napas dan buka dada ke depan lihat ke atas, pada saat buang napas, punggung melengkung ke belakang dan lihat ke bagian perut. Tarik napas dan buka sambil lihat ke atas, buang napas, kembali punggung melengkung ke belakang dan buang napas. Tarik napas dan angkat, buang napas. Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali.






4. Pinggang

Kaki buka, lebih lebar dari pinggul. Pada saat kita membuka pinggul, lakukan hal yang sama dengan bahu (direggangkan). Untuk pertama kita buka pinggul dulu tarik napas dan pada saat membuang napas, tundukkan punggung Mommies, tangan rileks. Kepala jatuhkan saja ke bawah, rileks dulu di situ – buang napas sambil menghitung mundur dari lima.






Tarik napas angkat kepalanya dulu, agar tulang punggung tidak berat, buang napas pelan-pelan. Kalau sudah, mulai dari bahu, kita juga akan membuka pinggul kita. Tarik napas, roll ke belakang, tangan ada di belakang diikat, tarik tangan ke belakang, tarik nafas di bagian ini. Dada mulai condong ke depan, buang napas pelan-pelang, turun ke bawah. Kalau badan Anda fleksibel silahkan turun ke bawah. Turun, angkat tangan ke atas, tarik dan kepala rileks ke belakang, hembuskan napas dalam hitungan mundur dari lima. Tarik napas saat Anda masih di posisi ini, pada saat buang napas, angkat kepalanya, turunkan tangannya dan angkat badan Mommies. Selalu ketika ketika naik, posisi kepala di angkat dulu, sehingga tulang punggung tidak berat.






5. Kaki

Masih posisi duduk di ujung bangku dengan kaki rapat sejajar dengan punggung. Setelah itu tendang ke arah depan dan biarkan agak menggantung, tahan di posisi itu, ambil napas dalam lima hitunagn. Buang napas turun ke bawah, tarik napas dan tendang lagi, pelan-pelan turun. Lakukan bergantian pada masing-masing kaki.




6. Punggung

Kalau terasa kurang, Mommies bisa menambahkannya dengan gerakan merenggangkan punggung. Caranya dengan membalik kursinya, dan pegang punggung dari kursinya. Lalu mundur, sehingga punggung sejajar dengan bahu dan buka kaki selebar pinggul dan dorong bokong ke belakang – pelan-pelan luruskan tangannya, kuatkan kakinya dan posisi kepala rileks ke bawah. Lalu tarik perut ke atas sehingga punggung bisa netral, jangan lupa aturan napasnya ya Mommies.




Kalau mau ditambah dengan peregangan kaki, angkat jari kaki dan tekan bola kaki ke bawah, tahan di situ dan napas. Pelan-pelan turunkan jari kaki, angkat kepala dan baru jalan ke depan secara perlahan.




Kalau sudah, masih keadaan berdiri, tutup matanya dan tenangkan diri dulu, sambil bernapas tekan kaki ke arah bumi. Tarik napas angkat tangannya, buang napas turun ke bawah (lakukan gerakan ini tangan ini sebanyak tiga kali). Pelan-pelan turunkan tangannya ke arah dada, secara bersamaan dagu ke arah dada, pelan-pelan buka mata dan rasakan sensasi tenang dan segar sesaat melakukan ritual ini.






Selamat mencoba di kantor :) 


5 comments:

  1. I'm glad to know you in Tumblr, mbak Astrid. This article was very helpful for me as offie hours-proletar. Thank you mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Nanski! You are so very welcome! The pleasure is mine! Very happy to help people through yoga practice. You can also check the video on my youtube channel ya. And please make yourself ready for my first yoga book called "Tetap Sehat dengan Yoga" ya. It will be sold at the bookstores in Indonesia starting from end of October 2015. I need your support, input and advices. Please let me know your review ya, either good or bad hehehe. Thank you so much for your attention. Namaste.

      Delete
  2. Yesterday, I came to Gramedia Depok and didn't see your book. Maybe I have to wait patiently yaa, considering I need plenty of reference about Yoga. Thanks for your info, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, nanski. Bukunya baru ada pada akhir bulan, diatas tanggal 20. Nanti aku kabarin kalau sudah ada ya. Terima kasih.

      Delete
    2. Hai, Nanski. Buku Yoga ku sudah ada di toko buku ya. Silakan lihat daftar toko bukunya di: http://astridamalia.blogspot.co.id/2015/10/daftar-toko-buku-dan-daerah-yang.html . Mohon masukannya bila ada yang kurang ketika membaca bukuku ya. Terima kasih,

      Delete