29 March 2005

NGOPI BERSAMA IDA & KRISNA SHOW

(Jawaban seluruh pertanyaan pendengar Delta FM melalui SMS tentang kopi)

Saya adalah salah seorang penggemar dan penikmat kopi, terutama kopi dari Indonesia, tanah air saya sendiri. Saya memang lebih senang mencap diri sendiri sebagai penikmat kopi daripada cap-cap lain yang kedengaran terlalu berat di kuping saya. Saya banyak mendapatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai jenis kopi, terutama kopi dari tanah air, dan seluruh hasil icip-icip saya terhadap kopi, makanan dan berbagai hal dalam hidup saya pasti akan saya tulis di catatan kecil saya di sini.

Pada hari Jumat beberapa waktu yang lalu, saya didaulat oleh mbak Ida dan mas Krisna untuk diwawancara di acara mereka yaitu Ida & Krisna Show di Radio Delta FM Jakarta 99,1 Mhz dengan topik seputar kopi dan ngopi dan juga seputar hobi saya yang suka ngopi ini. Wah, sungguh suatu kehormatan bagi saya untuk diwawancara oleh 2 orang penyiar senior yang selama ini hanya saya dengar suaranya yang merdu tersebut melalui radio.

Selama acara Ida & Krisna Show, ternyata banyak sekali pendengar yang mengirimkan SMS ke Delta FM untuk menanyakan hal-hal seputar kopi. Di bawah ini, saya akan coba bahas kopi melalui pertanyaan-pertanyaan yang dikirim ke Delta FM melalui SMS. Mohon maaf bila ada kekurangan di sana-sini. Selamat menikmati!

----------

Kalau kopiko gimana rasanya?

Karena Kopiko itu pada dasarnya adalah permen, ya rasanya lebih banyak di dominasi oleh rasa manis, sedangkan kadar kopinya saya pikir kok agak sedikit ya.


Kalau kopi tanpa ampas itu kopi robusta apa arabika?

Kopi tanpa ampas itu namanya kopi instant. Kopi instant memakai kopi jenis Robusta, dengan alasan bahwa Robusta mengandung lebih banyak kafein, yaitu 2,8 % sampai 4 %, sedangkan Arabika hanya mempunyai 1 % sampai 1,7 % kandungan kafein. Harga Robusta pun lebih murah daripada Arabika. Jadi, garis besarnya adalah pemakaian Robusta bisa memenuhi pencapaian kadar kafein yang di inginkan para produsen kopi instant dan harganya pun murah.


Mbak Astrid, minum kopinya dicampur dgn gula atau tidak?

Saya kalo minum kopi tergantung mood saja. Kalo lagi senang manis ya pake gula, kalau lagi bosen ngopi item ya pake susu kental manis, dan kalo lagi bener-bener ingin merasakan nikmatnya aroma kopi ya minum kopi tanpa gula.


Kapan waktu minum kopi yg paling nikmat?

Waktu ngopi yang paling nikmat adalah antara jam 1 siang abis makan siang sampai jam 5 sore. Itu adalah waktu-waktu dimana mata saya sudah tinggal segaris alias ngantuk :)))
Waktu lainnya adalah ketika saya habis makan banyak. Biasanya saya akan langsung nyeruput antara espresso atau kopi tubruk atau kopi hitam tanpa gula. Buat saya, kopi jenis ini cukup enak dan sangat manjur untuk menghilangkan rasa eneg di perut saya.


Kalau kopi pahit tanpa gula, enaknya dimana?

Bagi saya, kopi pahit itu enak sekali karena saya dapat merasakan dan menikmati rasa kopi yang asli tanpa ada embel-embel rasa manisnya gula atau susu atau krimer. Kopi pahit tanpa gula itu nikmat bila menikmatinya pada saat-saat yang tepat.
Kopi pahit tanpa gula biasa saya minum bila melakukan coffee cupping sendiri di rumah. Coffee cupping adalah pengicipan rasa kopi atau membandingkan rasa kopi, yang prosesnya hampir mirip wine tasting.
Kopi pahit lebih enak bila saya minum setelah makan banyak. Seperti yang saya jelaskan di atas, setelah makan banyak yang menimbulkan rasa eneg di perut, maka kopi pahit mampu menyegarkan perut saya.
Kopi pahit tanpa gula juga enak di minum bila saya dalam keadaan ngantuk berat. Jadi selain kafein yang ada di dalam kopi yang mampu membuat kita terjaga dan tidak ngantuk, rasa kopinya yang pahit juga kadangkala bisa membangunkan saya :))))


Cara membuat kopi yang benar yang mana: kopi disiram dengan air panas atau kopi dengan air di rebus?

Dua tekhnik yang anda di sebut diatas semuanya benar. Yang paling umum adalah kopi disiram air panas, tapi bukan yang baru mendidih. Setelah air mendidih, tunggu sekitar dua menit, baru air panas tersebut di tuangkan ke bubuk kopi. Air yang terlalu mendidih bisa membuat kopi, yang sebenarnya sudah di goreng, menjadi gosong.
Sedangkan kopi direbus bersama air adalah salah satu teknik membuat kopi dari Turki. Beberapa kawan saya dari RRC juga memakai teknik yang terakhir ini, tentunya porsi bubuk kopinya tidak sebanyak ketika kita menyeduh kopi dengan teknik yang pertama.


Mbak, kalo kopinya direbus katanya sedap, apa iya?

Soal sedap atau tidaknya kopi yang direbus ini khan tergantung masing-masing lidah yang meminumnya. Biasanya, bau dan aroma dari kopi yang direbus ini bisa tercium kemana-mana. Ini semua karena ketika kopi di rebus, maka kopi dipaksa untuk mengeluarkan seluruh zat yang ada di biji kopinya, termasuk aroma dari kopi itu sendiri. Kalau untuk saya sih nikmat aja ah. Bagi saya, apa pun soal kopi, pasti nikmat :)))))


Katanya dan memang kopi macam Nescafe kurang terasa dan kurang mantap. Kenapa sih sebabnya?

Kopi instant semacam Nescafe itu khan sudah melalui proses mesin yang menghilangkan sifat alami dari kopi, yaitu aromanya yang harum dan cita rasanya yang khas, bahkan berbeda antara satu biji kopi dengan yang lainnya. Jadi memang kalo minum kopi instant, kenikmatan dan keasyikan akan ngopi itu pastilah berkurang. Saya pun jarang sekali minum kopi instant, kecuali kalau kepepet banget tidak ada kopi bubuk atau ngantuk berat tapi males bikin kopi dengan proses yang lama, dan itu pun saya pasti minumnya pake krimer karena saya sama sekali tidak menyukai aroma dan rasa kopi instant.


Kopi luwak ada gak sih?

Saya sendiri sampai hari ini belum pernah merasakan nikmatnya Kopi Luwak dan memang Kopi Luwak sudah tidak ada lagi di pasaran. Mungkin karena populasi Luwak sudah jarang sekali.


Astrid, kenapa orang bilang kopi luwak enak?

Bagi orang-orang jaman dulu yang sempat merasakan Kopi Luwak ini, memang mereka bilang kopi ini enak sekali. Mungkin karena si Luwak sendiri, yaitu binatang sejenis Musang, hanya memakan biji kopi pilihan, yaitu yang sudah benar-benar matang. Nah, buangannya si Luwak inilah yang dikonsumsi oleh para penggemar kopi luwak.


Kopi musang ini sebenarnya secara higienis gimana? Boleh nggak sih dikonsumsi?

Untuk urusan higienis atau tidaknya Kopi Luwak, maaf, saya tidak tahu. Tapi kalo dengar cerita orang-orang jaman dulu yang pernah minum Kopi Luwak ini, mereka baik-baik saja tuh sampai hari ini. Jadi, bolehlah Kopi Luwak ini dikonsusumsi.


Gimana cara seduh kopi yang benar?
Bagaimana cara bikin kopi supaya benar-benar enak waktu diminum?

Untuk urusan bagaimana cara menyeduh kopi yang benar, mari coba resep saya untuk secangkir kopi tubruk yang nikmat.
Ambil satu sendok teh (munjung) bubuk kopi yang sudah di giling halus, lalu seduh dengan air panas yang sudah didiamkan 2 menit setelah mendidih (paling baik bila airnya adalah air mineral) dan di aduk kira-kira lima putaran. Setelah itu baru masukkan gula secukupnya, kira-kira satu sendok teh, lalu diaduk lagi. Tunggu sampai bubuk kopi yang mengambang di permukaan air turun dengan cara meniup-niup air kopinya sambil juga menghirup harumnya aroma kopinya. Setelah bubuk kopinya turun, maka kopi siap di minum hangat-hangat.
Agar benar-benar nikmat waktu di minum, kopi tubruk ini harus diminum dalam jangka waktu sampai 30 menit setelah di hidangkan.
Boleh saja memakai kopi dengan gilingan kasar, tapi tentunya harus di saring dulu. Proses penyaringan dapat dilakukan sebelum kita memasukkan gula.
Standar yang benar ratio gula dan kopi itu berapa untuk ukuran secangkir?

Untuk ukuran secangkir kopi tubruk yang nikmat, biasanya saya menggunakan ratio:
1 sendok makan kopi bubuk : 1 cangkir air panas : 1 sendok teh gula pasir.


Tahu kopi dari East Timor?
Selamat sore, mbak Astrid, pernah coba kopi Timtim?

Saya sudah pernah mencoba kopi dari tanah Papua, bahkan dua kali. Memang enak sekali rasanya. Anda bisa turut merasakan nikmatnya kopi Papua ini bila membaca website pribadi saya.


Mau tanya kopi bagus tidak buat tulang? Thanks.
Apakah benar kopi salah satu penyebab ostheroporosis (pengeroposan tulang)?

Kopi memang tidak baik untuk tulang anda karena kopi bisa membuat tulang anda keropos. Kopi memang “menggerogoti” zat kalsium di tubuh kita sehingga tulang anda kekurangan kalsium.
Saran saya, kalau anda merasa pengopi, maka konsumsilah makanan bergizi, buah-buahan dan terutama susu berkalsium tinggi minimal satu gelas sehari. Saya minum susu juga kok, dua kali sehari lho.


Kalau Kopi Lampung termasuk kopi apa?

Setahu saya, sebagian besar Kopi Lampung termasuk jenis kopi Robusta. Sebagian kecil lainnya adalah kopi Arabika atau malah campuran dari keduanya (Robusta dan Arabika) yang biasa kita sebut special blend.


Jenis kopi apa aja yang enak?

Setahu saya, kopi yang berasal dari Indonesia semuanya enak rasanya. Saya sudah mencoba beberapa, seperti:
- Kopi Lampung
- Kopi Manado (dari daerah Mobagu)
- Kopi Jambi (cap AAA)
- Kopi Sumatra Lintong
- Kopi Toraja Kalossi
- Kopi Flores
- Kopi Sidikalang (cap Naga Sanghie)
- Kopi Papua (Amungme Gold)
- Kopi Jawa (Java Jampit)

Semuanya enak dan alami, terutama bila diminum dengan cara kopi tubruk. Tentunya kategori enak tersebut harus disesuaikan dengan karakter dari kopi tersebut, baik Arabika maupun Robusta.


Saya adalah penggemar berat kopi. Sayangnya, sudah 3 tahun ini saya harus stop kopi dan terbukti maag saya membaik. Jadi, bagaimana supaya efek buruk kopi terhadap maag bisa dihindari?

Untuk yang mempunyai sakit maag, saya sih tidak menganjurkan untuk minum kopi. Kopi itu bisa merangsang lambung kita untuk mengeluarkan asam yang tentunya sangat berbahaya bagi penderita penyakit maag.
Tapi, kalau masih pengen ngopi, mari saya kasi tau rahasianya:

- Pertama, pilihlah selalu kopi tanpa kafein alias kopi decaffeinated, atau kopi dari jenis Arabika yang walaupun rasanya asam, tapi tidak membahayakan lambung anda karena kadar kafeinnya yang lebih rendah dari kopi Robusta.
- Buat penggemar espresso, setelah menenggak habis si espresso, segeralah minum segelas air putih.
- Buat yang senang kopi tubruk, sering-seringlah minum air putih diantara nyeruput kopi tubruknya untuk menetralisir kopi di lambung anda.
- Terakhir, selalu ingat untuk makan teratur dan selingi acara ngopi anda dengan kue-kue kecil yang terutama terbuat dari mentega atau susu, semacam biscuit. Ini untuk sedikit mengimbangi produksi asam di lambung anda.


Di Banda Aceh ada warung kopi, rasanya kopi banget padahal bikinnya espresso, tetapi kalau bukan jago ngopi bisa kleyengan. Saya pertama kali minum kleyengan, kira-kira kopi apa ya?

Kalau dari cerita anda diatas, kelihatannya anda mengkonsumsi Kopi Gayo. Selamat ya, itu adalah salah satu jenis kopi terbaik dari Aceh.


Mbak Astrid, bagaimana cara menyimpan kopi yang baik untuk waktu yang lama supaya tidak kehilangan aroma?
Apa cara simpan kopi ada pengaruh dengan rasanya?
Mbak Astrid, kalau kopi disimpan terlalu lama, rasanya berubah tidak?

Ada dua cara menyimpan kopi yang baik sebagai berikut:

- Bila anda membeli kopi yang masih dalam bentuk biji, maka gilinglah biji secukupnya untuk konsumsi seminggu. Kwalitas kopi gilingan akan menurun dalam waktu satu atau dua minggu. Dua-duanya, baik kopi yang sudah digiling maupun yang belum digiling harus dimasukkan toples yang tidak bening dan tertutup rapat, kalau perlu bagian dalam dari tutup atasnya dilapisi dengan aluminium foil supaya udara tidak bisa masuk.
- Bila anda membeli kopi bungkusan yang biasa terdapat di supermarket atau pasar, segeralah simpan kopi anda setelah di buka bungkusnya di dalam tempat yang tidak tembus pandang dan tertutup rapat.

Memang, musuh kopi itu ada dua, yaitu udara dan cahaya.
Bila cara anda menyimpan kopi salah, maka aroma kopi akan hilang dan kopi akan lembab yang menyebabkan kopi bau apek dan berjamur serta tidak layak di minum.
Jangan lupa, jangan menyimpan kopi terlalu lama. Kalau kita tidak terlalu ahli dalam menyimpan kopi, maka kopi yang sudah lama akan terasa tidak enak.
Kalau saja ternyata kopi anda tiba-tiba terasa lembab, segera masukkan bubuk kopinya ke dalam lemari es yang bukan di bagian freezer dengan tutup setengah terbuka, lalu biarkan semalaman. Proses ini akan sedikit membantu bubuk kopi kembali kering.


Di Jakarta, kalau mau beli bubuk kopi / kopi giling yang enak dimana ya?

Ini semua tergantung dimana anda mau beli bubuk kopinya. Kalau mau beli di pasar tradisional, maka saya sarankan untuk beli bubuk kopi di Pasar Cikini dan di daerah Kota. Kalau tidak salah, di dua tempat itu ada toko khusus menjual bubuk kopi saja.
Kalau mau beli di level kafe, mungkin anda bisa coba beli bubuk kopi di:

- Caswell’s di Jl. Kemang Utara, Jakarta
- Warung Kopi Phoenam di Jl. Wahid Hasyim, Jakarta
- Bakoel Koffie yang ada di Kemang, Jl. Barito dan Jl. Cikini Raya, Jakarta

Kalau mau lewat sedikit ke Bandung, di situ anda bisa pergi ke Toko Kopi “Aroma” di Jl. Banceuy. Toko kopi ini menjual berbagai macam bubuk kopi.


Saya fans berat kopi, tapi saya darah rendah jadi tidak bisa lebih dari 2 cup/day. Ada saran? Maunya bisa 6 cups seperti Astrid.
Jantung saya suka berdebar-debar kalo minum kopi, padahal saya suka sekali. Apa ada trik khusus?

Kalau mau, campurkan sedikit krimer, tapi sebaiknya susu, ke dalam kopi anda. Jangan lupa, sering-seringlah minum air putih dan makan biskuit diantara waktu ngopi, ini baik untuk mengimbangi kadar kafein di tubuh kita.


Mbak, kopi bisa bikin sakit maag, jantung sama migrain? Bener nggak?

Fakta diatas sepertinya tidak sepenuhnya benar. Kopi memang tidak baik bagi penderita penyakit maag dan jantung, Tapi, setahu saya, kafein malah di pakai untuk pelengkap obat sakit kepala. Coba anda lihat sekali-kali komposisi dari obat sakit kepala, pasti salah satu produk ada yang melengkapi obatnya dengan zat kafein.


Kenapa kalau di luar negeri cangkir kopi kecil-kecil, kalau disini kadang-kadang malah pakai gelas?

Ini mungkin hanya soal tradisi saja. Kalau di luar negeri itu khan orang lebih terbiasa minum kopi espresso, jadi cangkirnya cenderung mini ukurannya. Sedangkan kita, rakyat Indonesia, lebih familiar dengan kopi tubruk yang diminum pakai gelas besar, dengan air panas yang mengepul-ngepul dan rasanya manis.


Pernah coba kopi jahe? Apa komentar kamu?

Saya sering kok minum kopi jahe. Selain sebagai variasi dalam minum kopi, memang kopi jahe ini bisa membuat saya agak lebih berenergi sekaligus menghangatkan tubuh saya.


Saya dalam satu minggu sering minum minuman beraroma kopi seperti Coffee Mix. Apakah ada pengaruh untuk kesehatan?

Hal diatas sama sekali tidak ada pengaruh buruknya bagi kesehatan.


Apakah kopi yang dijual bebas seperti kopi instant 3 in 1 dalam sachet itu mengandung kafein banyak apa tidak? Soalnya hampir setiap hari meminumnya.

Kalau kopi 3 in 1 semacam itu, saya rasa kadar kafeinnya sudah berkurang. Di dalam 3 in 1 itu khan sudah ada susu yang bisa mengurangi sedikit kadar kafein.


Jenis kopi apa yang bagus untuk cappuccino?

Jenis kopi yang baik untuk cappuccino adalah Arabika, yang dibuat secara espresso, yaitu pembuatan kopi melalui mesin kopi dengan cara biji kopi “ditekan” dari atas oleh uap air. Nanti kalau espressonya sudah jadi, tinggal di campur dengan susu panas dan busa susu dengan ratio sepertiga untuk setiap bagiannya. Jadilah cappuccino yang enak sekali.


Cappuccino itu asli gak? Apa very strong?

Cappucino itu khan campuran antara sepertiga kopi espresso, sepertiga susu cair dan sepertiga busa susu. Karena ada susunya ya tentunya kafeinnya tidak sebanyak yang ada di kopi tubruk atau espresso itu sendiri.


Mau tanya, kalau sering minum kopi bisa bikin gigi jadi hitam nggak?

Wah, kalau yang ini justru saya lagi bingung juga. Kata orang-orang sih kalau kita sering minum kopi maka gigi kita bisa menghitam. Tapi gigi saya tidak menghitam tuh dan baik-baik saja. Mungkin kita harus rajin-rajin gosok gigi kali ya.


Ada tidak negara yang punya ritual minum kopi seperti jepang dengan tradisi minum tehnya?

Saya rasa ada kok tradisi minum kopi, kalau tidak salah tradisi itu terdapat di Afrika dan Italia. Tapi saya juga bingung kok tidak setenar tradisi minum teh ya.


Apa sudah pernah minum kopi yang tak hitam?

Saya pernah coba yang namanya “White Coffee” dari salah satu negara tetangga kita. Setelah saya coba, ternyata itu cuma kopi instant plus susu plus gula. Ya sama aja dong dengan kopi 3 in 1.


Apa betul kopi bisa mengimbangi nikotin bagi perokok?

Ah, itu khan hanya bisa-bisanya para perokok atau peminum kopi saja. Memang sih, kata orang ngerokok sambil ngopi itu nikmat. Tapi sampai hari ini belum ada penelitian tuh kalo ngerokok sambil ngopi maka kadar nikotinnya bisa berkurang.


Bagaimana dengan kopi Kapal Api dan merek lain yang sudah digiling lebih dari 2 minggu, apa mereka pakai pengawet?

Saya rasa tidak ada pengawet di dalam kopi-kopi tersebut. Kalau kopi-kopi seperti itu yang banyak dijual di supermarket, para produsennya biasanya menjaga mutu dan kwalitas kopinya dengan membungkusnya dengan bungkus dari aluminium foil dan kedap udara. Sayangnya, kelihatannya hanya kopi produksi luar negeri yang sudah menerapkan sistem ini sehingga kwalitas kopi mereka tetap terjaga walau sudah melampaui masa “kritis” setelah penggilingan kopi yaitu 2 minggu.


Mbak, kalau saya mau minum kopi yang seusia saya umur 43, bagusnya minum kopi apa ya?

Aduh, yang namanya minum kopi sih tidak ada batas umurnya. Tapi kalau untuk orang-orang yang sudah berumur seperti anda dan untuk menjaga agar anda tidak mengalami hal-hal yang tidak enak, maka saya sarankan minum kopi tubruk dengan takaran ringan atau kopi susu yang sangat tidak membahayakan tulang anda.


Bagaimana mencari java coffee di sini karena teman saya dari Amerika minta di oleh-olehin kopi itu.

Java Coffee bisa kok di beli di:

- Caswell’s di Jl. Kemang Utara, Jakarta
- Toko Kopi Aroma di Jl. Banceuy, Bandung
- Beberapa pasar tradisional di Jakarta, seperti Pasar Cikini.


Jika saja di kemacetan jalan Jakarta sore ini ada tukang kopi yang melayani dan direkomendasikan Astrid.

Kalau lagi terkena macet, maka anda mesti mencari tempat ngopi yang dekat dengan tempat asal anda atau searah dengan tempat tujuan anda dong. Saya sering melewatkan waktu macetnya Jakarta sambil ngopi di

- Caswell’s di Jl. Kemang Utara, Jakarta
- Cup & Cinno di Plaza Semanggi, Jakarta
- Bakoel Koffie di Cikini atau Jl. Barito, Jakarta
- Warung Kopi Phoenam di Jl. Wahid Hasyim, Jakarta

Ada juga sih tempat ngopi di beberapa mall dan plaza di Jakarta. Tapi biasanya kopi mereka gak “nendang” tuh di mulut saya.


Ada merek kopi tertentu di market yang mengandung chemical tertentu (tercantum pada kemasan phenylalanine) yang dapat juga menyebabkan pusing secara individual. Mungkin chemical itu berasal dari flavor kopinya?

Kopi sama sekali tidak mengandung zat phenylalanine. Kopi hanya mengandung zat kafein yang menstimulasi tubuh kita untuk tidak ngantuk. Soal zat phenylalanine, itu pasti zat tambahan yang ditambah oleh si produsen kopi. Zat phenylalanine sendiri sudah di larang oleh badan kesehatan di Amerika karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan, termasuk sakit kepala yang anda alami itu.


Untuk penderita diabetes, apakah boleh minum kopi?

Boleh-boleh aja dong. Ngopi tidak membahayakan bagi penderita diabetes. Yang perlu diperhatikan dan diwaspadai adalah takaran gula di dalam kopinya sendiri.


Kalau kopi Illy enak nggak utk espresso?

Kopi Illy termasuk yang terbaik untuk espresso. Banyak tempat yang memakai Illy sebagai kopi standar mereka.


Bagaimana dengan kwalitas kopi Ginseng CNI?

Kopi ini juga enak kok. Tapi ya bentuknya tidak beda jauh khan dengan kopi 3 in 1 dan bau kopinya kayaknya sudah tereliminasi oleh kuatnya bau ginseng.


Kopi instant seperti Nescafe dibanding kopi giling dari biji, mana yg lebih besar / berat kadar kafeinnya?

Kopi instant seperti Nescafe itu khan ekstrak dari biji kopi. Tentunya kopi Nescafe lebih tinggi kadar kafeinnya daripada kopi tubruk yang terbuat dari bubuk kopi biasa.


Suamiku minum kopi bisa 6 gelas per harinya. Katanya kalau nggak minum kopi susah ke “belakang”. Benar tidak?
Kenapa kalau saya minum kopi, perut saya mules?
Saya kalau minum kopi walaupun secangkir kecil perut terasa mual. Ada apakah gerangan padahal pingin banget minum tapi enjoy gitu.

Kopi memang mampu mempercepat proses pencernaan kita dan mempercepat proses pergerakan otot perut kita. Sehingga apa yang dialami diatas memang normal adanya.


Mana yang lebih baik dan enak, kopi yang sudah dikemas atau kopi yg baru di giling tapi tidak di kemas?

Yang paling baik tentunya kopi yang baru di giling. Saya pikir tidak apa-apa bila kopi gilingan tersebut tidak di kemas untuk beberapa jam. Tapi kalau bisa, setelah sampai di rumah, kopi gilingannya langsung di simpan di tempat tidak tembus pandang dan tertutup rapat.


Kalau Kahlua itu apa ada hubungannya dengan kopi?

Tentu saja ada. Kahlua itu semacam minuman beralkohol yang ada kandungan kopinya. Kahlua adalah campuran dari ekstrak kopi arabika yang di campur dengan gula tebu, beberapa jenis tumbuhan dan vanili. Kahlua ini berasal dari Mexico.


Saya kalau habis minum kopi, kenapa badan jadi gemetar dan jantung berdebar?

Kopi memang mampu merangsang jantung anda untuk beraktifitas lebih giat.


Kopi tubruk itu kopi apa sih? Apa semua kopi bisa jadi kopi tubruk?

Kopi tubruk itu adalah kopi yang diseduh dengan air mendidih dan kopinya tidak disaring selama proses meminumnya. Biasanya kopi ini dicampur gula. Semua kopi bisa saja di seduh sebagai kopi tubruk, tapi yang paling baik adalah kopi yang digiling halus sekali.


Bagaimana dengan kopi plus gingseng atau kopi Tongkat Ali dari Malaysia? Katanya bisa ganti viagra alias bisa tingkatkan vitalitas bercinta?

Kalo kopi ginseng sih memang bisa meningkatkan stamina. Kopi sendiri sudah mampu merangsang tubuh untuk selalu waspada, apalagi ditambah ginseng yang memang baik untuk vitalitas tubuh. Kalau untuk soal kopi Tongkat Ali, wah, maaf, saya belum pernah coba tuh :)))))


Apa sih perbedaan dan keunggulan kopi Arabica dibandingkan kopi Robusta?

Perbedaan Robusta dengan Arabika adalah bijinya Robusta berbentuk bulat dan bergaris tengah lurus, sedangkan biji Arabika berbentuk lonjong dan bergaris tengah bergelombang. Pohon dari Robusta sendiri tingginya mencapai 10 meter dan tumbuh di areal yang terletak kira-kira 80 meter diatas permukaan laut, sedangkan pohon dari Arabika tingginya hanya mencapai kira-kira 6 meter dan tumbuh di areal yang berada 1200 meter diatas permukaan laut. Harga Arabika pun lebih mahal dibandingkan dengan Robusta. Soal kafein, Robusta memiliki 2,8 % sampai 4 % kandungan kafein, sedangkan Arabika hanya mempunyai 1 % sampai 1,7 % kandungan kafein. Karena kadar kafeinnya Arabika lebih sedikit, maka keunggulan Arabika adalah tidak membahayakan perut anda walaupun rasanya agak asem di mulut.


Kalau ice coffe, apakah mempengaruhi kualitas dari kopinya itu sendiri?

Kalau ice coffee sih sama aja dengan kita minum kopi biasa. Tapi es nya itu yang bisa bikin rasa kopi berkurang dan kurang mantep di mulut. Karena menurut saya, kopi itu lebih asyik kalo diminum panas-panas.


Setiap siang, saya minum Ice Nescafe. Tidur tidak terganggu. Apakah ini lebih baik dari kopi asli + es + krimer?

Soal ini khan semuanya tergantung bagaimana tubuh anda merespon apa yang anda minum. Kelihatannya anda cocok sekali ya dengan Ice Nescafe. Memang Ice Nescafe takarannya pas ala pabrik. Jadi semua sudah melalui proses penelitian panjang sehingga rasa dan akibatnya bisa diterima oleh semua orang. Tapi kalau menurut saya sih lebih baik saya bikin kopi asli yang dicampur krimer atau susu, gula dan es. Jadi saya bisa atur mau bagaimana, apakah susu atau gulanya lebih banyak, atau malah kopinya yang saya bikin agak pekat.


Apakah berbahaya anak 9 tahun maniak kopi?

Saya rasa kopi tidak berbahaya untuk segala usia. Tapi bila ada efek samping yang membahayakan, seharusnya konsumsi kopi di kurangi atau di berhentikan sama sekali.

----------

Cukup sekian dulu jawaban saya. Sampai ketemu di waktu-waktu yang akan datang.

Salam ngopi,
Astrid Amalia
For any comment or question, please send email to: astrid_amalia@yahoo.com

No comments:

Post a Comment