16 March 2015

Doa Yang Menemani Perjumpaanku Dengan Katolik




Pada suatu hari, saya menerima sebuah email yang menanyakan tentang doa apa saja yang mengiringi proses perpindahan agamaku ke Katolik. 

Jawaban saya sangat sederhana. Seperti yang telah saya katakan di blog saya yang terdahulu di: Ketika Aku Menemukan Tuhan di Jalan Katolik , saya menemukan kedamaian setelah mengucapkan doa Bapa Kami, Salam Maria dan Kemuliaan. Tiga doa inilah yang kemudian lebih sering menemani saya sehari-hari sampai sekarang. Tiga doa ini adalah doa-doa yang paling lengkap yang dapat memenuhi seluruh penghormatan kepada Tuhan, pengharapan, kepasrahan, permintaan rejeki, permohonan untuk diampuni atas segala dosa dan kesalahan, permintaan keselamatan, penghormatan kepada sesama, permintaan untuk didoakan, dan pengakuan atas segala dosa.

Saya juga berdoa dengan beberapa doa lain yang dapat dibaca dari beberapa buku doa yang dapat dibeli di toko yang menjual buku-buku dan benda-benda yang dipakai oleh umat Katolik, salah satunya adalah Buku Puji Syukur. Dari semuanya, yang juga sering saya pakai untuk berdoa adalah Doa Rosario (doa untuk memperingati dan mengenang berbaga peristiwa yang terjadi pada Yesus Kristus), Doa Rosario Pembebasan (doa yang memohon pembebasan dari ketidak-selamatan, penyakit dan berbagai masalah kita), Doa Koronka Kepada Kerahiman Ilahi (doa yang memohon pengampunan atas dosa dan memohon belas kasih dari Tuhan), Doa Mohon Tujuh Karunia Roh Kudus (doa yang memohon agar Tuhan menurunkan berbagai sifat mulia yang dimiliki oleh Roh Kudus kepada kita), dan Doa Roh Kudus (doa yang memohon agar Roh Kudus dapat menemani dan membimbing kita disepanjang hidup kita). 

Tentunya pemilihan doa ini tergantung dari pilihan yang mengucapkan doanya. Bila pilihan saya kurang cocok bagi pembaca, mungkin anda bisa memilih doa-doa yang lain yang dirasa cocok dengan isi hati anda. 

Dibawah ini saya sertakan beberapa doa-doa yang saya sebut diatas. Semoga dapat membantu. 

--------------------


DOA BAPA KAMI
(Dari Buku Puji Syukur Nomor 10)

Bapa kami yang ada di surga,
dimuliakanlah nama-Mu.
Datanglah kerajaan-Mu.
Jadilah kehendak-Mu
di atas bumi seperti di dalam surga.
Berilah kami rezeki pada hari ini,
dan ampunilah kesalahan kami,
seperti kami pun mengampuni
yang bersalah kepada kami.
Dan janganlah masukkan kami
ke dalam pencobaan,
tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

(Doksologi: Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.)

Amin.



DOA SALAM MARIA 
(Dari Buku Puji Syukur Nomor 14)

Salam Maria, penuh rahmat,
Tuhan sertamu;
terpujilah engkau di antara wanita,
dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus.
Santa Maria, bunda Allah,
doakanlah kami yang berdosa ini
sekarang dan waktu kami mati

Amin.



DOA KEMULIAAN 
(Dari Buku Puji Syukur Nomor 13) 

Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus,
seperti pada permulaan, sekarang, selalu,
dan sepanjang segala abad. 

Amin.



DOA MOHON TUJUH KARUNIA ROH KUDUS 
(Dari Buku Puji Syukur Nomor 93)

Datanglah, ya Roh Hikmat, turunlah atas diri kami, ajarlah kami menjadi orang bijak, terutama agar kami dapat menghargai, mencintai, dan mengutamakan cita-cita surgawi. Semoga kami Kau lepaskan dari belenggu dosa dunia ini.

Datanglah, ya Roh Pengertian, turunlah atas diri kami. Terangilah budi kami, agar dapat memahami ajaran Yesus, Sang Putra, dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari.

Datanglah, ya Roh Nasihat, dampingilah kami dalam perjalanan hidup yang penuh gejolak ini. Semoga kami melakukan yang baik dan menjauhi yang jahat.

Datanglah, ya Roh Keperkasaan, kuatkanlah hamba-Mu yang lemah ini, agar tabah menghadapi segala kesulitan dan derita. Semoga kami Kau kuatkan dengan memegang tangan-Mu yang senantiasa menuntun kami.

Datanglah, ya Roh Pengenalan akan Allah. Ajarlah kami mengetahui bahwa semua yang ada di dunia ini sifatnya sementara saja. Bimbinglah kami agar dapat menggunakan hal-hal duniawi untuk kemulian-Mu.

Datanglah, ya Roh Kesalehan, bimbinglah kami untuk terus berbakti kepada-Mu. Ajarlah kami untuk menjadi orang yang tahu berterima kasih atas segala kebaikan-Mu dan berani menjadi teladan kesalehan bagi orang-orang di sekitar kami.

Datanglah, ya Roh Takut akan Allah, ajarlah kami untuk takut dan tunduk kepada-Mu dimana pun kami berada. Tegakkanlah kami agar selalu berusaha melakukan hal-hal yang berkenan kepada-Mu. 

Amin.



DOA ROH KUDUS 
(Dari Buku Puji Syukur Nomor 94)

Allah Bapa yang maha kudus, kami bersyukur kepada-Mu karena Roh Kudus yang telah Kau curahkan ke dalam hati kami. Kehadiran-Nya dalam hati kami telah membuat kami menjadi bait kehadiran-Mu sendiri, dan bersama Dia pula kami telah Kau lahirkan kembali menjadi anak-anak-Mu.

Dialah penghibur dan penolong yang Kau utus dalam nama Kristus. Dialah Roh Kebenaran yang memimpin kami kepada seluruh kebenaran. Semoga Dia mengajarkan segala sesuatu kepada kami dan mengingatkan kami akan sabda yang telah dikatakan oleh Yesus, agar kami selalu di tuntun oleh sabda-Nya.

Melalui Roh Kudus-Mu ini, sudilah Engkau membimbing Gereja-Mu, para pemimpin dan pembantu-pembantunya, dan berilah mereka kebijaksanaan sejati. Semoga karena bimbingan-Nya kami semua boleh menikmati buah Roh: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah lembutan, dan penguasaan diri.

Melalui Roh Kudus-Mu pula, sudilah Engkau membimbing umat-Mu untuk peka dan setia kepada kehendak-Mu, untuk tetap tabah dalam penderitaan, berani menjadi saksi Putra-Mu, berani menjadi pelayan sesama dan menjadi terang serta garam dunia.

Semoga Roh Kudus selalu memimpin kami dengan lemah lembut dan ramah, serta menuntun kami dengan cermat dan teguh. Semoga Ia menjadi daya Ilahi di dalam kehidupan beriman dan bermasyarakat, dan mengantar kami masuk ke dalam kemuliaan surgawi untuk berbahagia abadi bersama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. 

Amin.

(Catatan: Gambar diambil di Gereja St. Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Indonesia


No comments:

Post a Comment