16 April 2014

Devosi Kepada Allah Kristus - Ditempatkan di Samping Putera

Catatan: Tulisan ini adalah catatan pribadiku yang kubuat sebagai pekerjaan rumah dari Kursus Latihan Doa dan Hidup Rohani pada minggu kedua yang kuikuti di gereja. Karena ini hanyalah pekerjaan rumah dari sebuah kursus, jadi tolong tulisan ini dibaca dengan pikiran dan hati yang terbuka, tanpa ada prasangka apa pun terhadap maksud dan tujuanku menulis tulisan ini. Terima kasih.

----------

Tulisan ini dibuat berdasarkan atas inspirasi dari Bacaan Kitab Suci yang dipilih: MAZMUR 34 (DALAM PERLINDUNGAN TUHAN)

*** Catatan: Aku mengenal ayat ini sebagai bacaan setelah melakukan pengakuan dosa yang pertama. Ayat ini berkesan sekali bagiku karena ayat ini mampu mengingatkan aku tanpa harus memaksa. Ayat ini sangat lembut dalam menggambarkan pencarian terhadap Tuhan. ***

Dulu, aku belum bisa menemukan-Mu, Tuhan. Ketika aku mulai rajin mengunjungi gereja dan memuji nama-Mu secara meriah bersama umat-Mu yang lain, aku mulai bisa merasakan kehadiran-Mu. Engkau telah benar-benar menarik aku ke dalam kerajaan-Mu ketika aku dibaptis. Ketika aku sudah berada di kerajaan-Mu, aku merasa yakin akan langkahku ke depan. Aku merasa bahagia sekali, Tuhan. Kebahagiaanku terhadap kehadiran-Mu membuat hidupku terasa ringan sekali. Betapa pun banyak rintangan dan kesedihan di dalam hidupku, aku tetap merasa bahagia, karena kehadiran-mu di dalam hidupku menguatkanku dan menghiburku. Aku merasakan kedamaian yang luar biasa dengan hidup bersama-Mu, Tuhan, baik di dalam doa, pekerjaan sehari-hari dan segala aktifitasku.

Tak berdoa kepada-Mu membuatku merasa tak nyaman. Bekerja tanpa mengikutsertakan diri-Mu di dalam pekerjaanku membuat pekerjaanku terasa kering. Melakukan sesuatu yang melanggar hukum cinta kasih-Mu membuat diriku merasa bersalah. Aku tanpa-Mu, Tuhan, adalah jiwa yang kosong, rapuh dan sedih.

Setiap hari, kerinduanku terhadap Bapa di surga dan Bunda Maria adalah keinginan agar Bapa dan Bunda Maria selalu menyertaiku di dalam setiap gerak langkahku. Aku ingin agar Bapa mau hidup di dalam hatiku untuk mengarahkan hidupku ke arah yang lebih baik lagi. Aku ingin agar Bunda Maria hadir dalam setiap perbuatanku kepada semua makhluk hidup di dunia ini agar perbuatanku itu penuh dengan sifat cinta dan kasih yang sama seperti yang dimiliki oleh Bunda Maria.

Kristus, inilah aku yang menjawab panggilan-Mu untuk menjadi pengikut-Mu. Sekarang aku sedang berusaha mengenal-Mu lebih dalam melalui doa yang kulantunkan setiap aku bernafas, pelajaran tentang dirimu dalam berbagai kursus di gereja dan pekerjaanku yang mengikutsertakan diri-Mu di dalamnya agar aku dapat lebih mencintai-Mu. Aku sadar bahwa dengan menjadi pengikut-Mu, maka aku punya kewajiban untuk melayani-Mu di dunia nyata melalui sesama makhluk hidup di dunia ini.

Tuhan, terima kasih untuk semua cinta, kasih dan perlindungan yang Kau berikan secara cuma-cuma kepada diriku. Aku bahagia sekali karena Tuhan menyempatkan diri untuk datang ketika aku mencari-Mu dan kemudian Kau mengajakku untuk mengikuti-Mu. Berilah aku kemampuan untuk membagikan kembali cinta, kasih dan perlindungan tersebut kepada sesama makhluk hidup di dunia ini. Amin.

Ad Maiorem Dei Gloriam
Iesus Hominus Salvator

No comments:

Post a Comment