06 August 2010

Berolahraga & Nutrisi yang Baik demi Tubuh yang Sehat

Kita semua menginginkan tubuh yang sehat. Bukan hanya dari makanan, tetapi juga harus dibarengi dengan berolahraga. Sebagai penggemar olahraga sejati, saya akan berbagi tips untuk anda. Yuk mari ikuti tipsnya!
1. Bagilah waktu olahraga anda. Mungkin lari di pagi hari, latihan perut (sebanyak 30 kali) diwaktu siang hari dan sore hari. Mungkin hari ini anda melatih otot tangan, sedangkan keesokan harinya anda melatih otot kaki. Atau kombinasikan olahraga anda dengan berlari, berenang, dan angkat beban. Tentunya di hari yang berlainan. Lakukan ini 3 – 4 kali per minggu dengan durasi minimum 30 menit, kecuali anda mempunyai gangguan kesehatan.
2. Tingkatkan latihan anda secara perlahan-lahan. Mulailah jalan kaki sejauh 500 kilometer selama 4 di minggu pertama, lalu berlanjut dengan berlari sejauh 500 meter selama 4 hari di minggu kedua, lalu minggu depannya anda bisa berlari sejauh 1 kilometer. Kekuatan anda akan bertambah tanpa merusak tubuh anda. Pelan, tetapi pasti. Jangan lupa melakukan pemanasan ya!
3. Makanlah dengan porsi yang kecil tetapi sering (4 – 6 kali sehari, setiap 2 – 3 jam sekali) dengan pilihan makanan yang bernutrisi baik. Ini akan melatih pencernaan anda untuk tidak terlalu cepat lapar. Asupan karbohidrat, protein dan serat harus seimbang. Kurangi lemak, fast food, garam dan gula. Beberapa makanan dan minuman yang akan membantu stamina anda ketika berolahraga adalah sayuran, buah-buahan, air dingin, serta kopi dan teh tanpa gula dan krimer.
4. Bermainlah bersama teman! Cobalah bermain basket, tenis atau bola bersama teman-teman anda dan lupakan segala rutinitas dengan bersenang-senang di lapangan. Kenapa juga tidak mencoba berenang bersama teman-teman. Bermain air bersama mereka pun bisa membakar kalori loh!
5. Bila tak sempat, curi waktu anda! Anda bisa melakukan sit up ketika anda menonton TV, melatih keseimbangan kaki ketika sedang memasak atau menyetrika, berdiri ketika menerima telfon, menggunakan komputer atau membaca koran.
6. Kalau anda mulai merasa pusing ketika berolahraga, berhentilah sejenak, beri waktu bagi tubuh anda untuk beristirahat. Lalu ketika merasa diri anda telah siap, mulailah lagi berolahraga.
7. Istirahatlah dengan cukup. Mungkin hari ini anda berolahraga, sedangkan esok harinya anda beristirahat. Jangan berolahraga terlalu keras. Olahraga yang berlebihan akan membuat tubuh anda frustasi yang justru akan menghambat tubuh anda untuk membentuk otot-otot dengan baik dan justru malah akan menambah berat badan anda!
Yang paling penting, bersenang-senanglah selama anda berolahrahga. Jangan terikat oleh target untuk kurus dan langsing, tetapi berolahragalah untuk badan yang sehat. Karena, dengan badan yang sehat, hidup akan bisa anda jalani dengan lebih nikmat.
Jangan tunda lagi! Yuk mari kita berolahraga!

Bila anda punya komentar atau pertanyaan, silahkan kirim ke: astrid_amalia@yahoo.com
Bila anda ingin membaca blog saya dalam versi Bahasa Inggris, silahkan datang ke link ini:http://astridamalia2.blogspot.com

No comments:

Post a Comment