20 April 2005

KOPI FLORES

Review ini sebenernya review lama. Saya waktu itu gak punya waktu untuk menampilkan nya di sini. Nah, sekarang saya punya waktu kok. Jadi, nikmatin aja kopi Flores ini di sini ya…..

KOPI FLORES

Beberapa waktu yang lalu, saya menerima enam paket kopi Flores dari teman saya, Tyas. (Thanx ya, Tyas. Kok lo tau sih persediaan kopi gue di dapur udah abis…hehehehehe)

Memang keluarganya Tyas mempunyai sekaligus mengelola perkebunan kopi di Flores. Jadi, tiap kali Tyas mau kopi, dia tinggal telpon aja ke keluarganya di Flores sana dan pasti akan di kirimin kopi besoknya. Gampang ya? Yoi, gue aja sirik kok.

Kopinya di bungkus di dalam bungkus plastic kecil. Gak ada nama, gak ada merek. Lho, kok bisa? Ya iya lah, wong ini bisnis keluarga dan hanya di konsumsi untuk kalangan keluarga. Gitu lho.

Pertama kali nerima bungkusan kopi ini, saya kok mencium bau tembakau dari kopi ini. Warna kopinya sendiri itu hitam legam. Kelihatannya si kopi ini di “goreng” sangat gosong. Yah, ibarat kalo mesen steak di resto, pasti milihnya yang “well done”.

Waktu saya rasakan butiran biji kopinya yang sangat halus itu, kelihatannya biji kopi ini melalui proses “basah” dimana hasil olahannya menjadi agak terasa lembab di tangan. (Tyas, BYKS dong).

Waktu saya seduh kopi ini dengan air yang mendidih 80 derajat, keadaan kopi ini sama seperti ketika saya merasakan kopi ini sebelum di seduh. Warnanya ya tetep hitam, dan baunya ya tetep kayak tembakau. Berasa minum air seduhan rokok nih…hehehehee….

Rasanya? Rasanya di mulut kok aneh ya. Ada rasa pahit yang diselingi rasa bumbu. Ya itu, rasa tembakau lah.

Kopi ini memang oke-oke aja kalo diminum sebagai kopi tubruk. Tapi ternyata kopi ini rasanya lebih enak dan mantap kalo di minum dengan susu dan gula atau di campur gula aja. Mantap jeeekkk!!!!

Jadi, karakter dari kopi Flores ini sebenernya kuat alias pahit, ada rasa bumbu sedikit karena ada citarasa tembakau nya, dan sangat cocok bila dinikmati dengan susu dan gula.

Salam ngopi,
Astrid



Bila anda punya komentar atau pertanyaan, silahkan kirim ke: astrid_amalia@yahoo.com

Bila anda ingin membaca blog saya dalam versi Bahasa Inggris, silahkan datang ke link ini:
http://astridamalia2.blogspot.com

No comments:

Post a Comment